Membaiknya kondisi global, terutama di China dan Amerika Serikat, dan tanda-tanda kehidupan di pasar properti dalam negeri diperkirakan akan tetap tangan bank sentral. Tingkat dipotong pada pertemuan pertama bank sentral tahun 2013 dipandang oleh pasar sebagai kurang dari satu-in-empat kemungkinan.

Namun penurunan suku bunga lebih lanjut akhir tahun ini masih dianggap sebagai "sangat mungkin". Pasar adalah harga dalam kemungkinan besar bahwa tarif bisa turun serendah 2,5 persen pada pertengahan tahun. RBA memangkas suku bunga sebesar 1,25 persentase poin tahun lalu. Sebuah survei dari 15 ekonom menemukan bahwa semua kecuali satu mengharapkan tingkat uang tunai untuk tetap stabil pada bulan Februari.

Bahkan National Australia Bank Alan Oster kepala ekonom, satu-satunya tip penurunan suku bunga bulan ini, pekan lalu mengakui itu adalah "line-ball panggilan". Akses semua bidang. $ 1 untuk 28 hari pertama. Hanya $ 2,95 seminggu setelahnya. Pelajari lebih lanjut. Naiknya harga komoditas, terutama bijih besi - biasanya kondisi global tanda sedang meningkat - dipandang sebagai alasan utama untuk adopsi RBA dari pendekatan wait-and-see.

AMP Capital Investor kepala ekonom Shane Oliver mengatakan RBA kemungkinan besar akan menunggu lebih banyak data sebelum pindah lagi. "Tanda-tanda tentatif dari uptick indikator perumahan dan beberapa langkah-langkah kepercayaan diri cenderung mendorong RBA untuk menunggu sedikit lebih lama," katanya.

Angka pengangguran yang akan datang akan memainkan peran utama dalam menentukan pergerakan tingkat masa depan. Beberapa ekonom memperkirakan bahwa pengangguran akan meningkat menjadi 6 persen selama 12 bulan ke depan, naik dari 5,4 persen saat ini per. Westpac adalah tip RBA akan "tetap di pegang" bulan ini, kemudian dipotong sebesar 0,25 poin kinzuv pada Maret sebelum tinggal ditahan di 2,75 persen untuk sisa tahun 2013. Tapi Westpac Bill Evans kepala ekonom mengatakan ada risiko yang berkembang bahwa kondisi global akan memburuk pada akhir 2013.


EmoticonEmoticon